Sejumlah Tokoh Nasional Apresiasi Cibiru Wetan Sebagai Pusat Pembelajaran




Cileunyi, Jurnal1.id 30- Pelaksanaan Musyawarah Desa Informrasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Laporan Pertangggungjawaban BUMDES Mawa Raharja dan Laporan Kegiatan Badan Permusyawaratan Desa Cibiru Wetan (MUSDES IPPD,LK BUMDES & LKBPD TA 2023) di gelar pada Sabtu 30 Maret 2024 di Aula Gedung Desa Cibiru Wetan mulai pukul 13.15 sampai dengan 16.30 WIB.

Sebagai Desa yang telah menerima anugrah Desa Anti Korupsi, Desa Keterbukaan Informasi Publik, Desa Sadar Hukum, Desa Digital dan berbagai anugrah lainnya tak ayal jika anugerah tersebut disematkan kepada Desa Cibiru Wetan yang secara konsisten menjalankan roda pemerintahan dengan ideal.

“ Desa Pembelajar adalah status desa yang secara mandiri melakukan peningkatan kapasitas warganya melalui fasilitasi pemerintahan desa. Desa pembelajar adalah upaya pemerintah desa dalam mendorong partisipasi masyarakat melalui kesadaran kolektif warganya untuk mendukung  pemerintahan desa sebagai bejana kuasa rakyat. Desa Pembelajar mendorong kepedulian para pihak di desa, mendorong demokrasi deliberatif, menjadi saluran politik dan aspirasi dalam mewujudkan Desa sebagai kesatuan masyarakat hukum. Desa pembelajar adalah upaya mengaktivasi peran kelembagaan desa dalam mewujudkan cita-cita kolektiv desa. Sakola Desa, Swarga Desa, dan komunitas-komunitas adalah praktik baik keterlibatan aktif Pemerintah Desa Cibiruwetan mengelola urusan kewargaan menjadi kekuatan Desa sebagai Bejana kuasa rakyat. Kuwu Hadian Supriatna, adalah pelopor Desa Pembelajar.  Masyarakatnya Cerdas Kinerja Pemerintahan Desa berkualitas dalam tata kelola desa “ demikian di sampaikan Tenaga Ahli Kemendes Ir. Sutardjo 


“Pelaksanaan  MUSDES  ini, bisa memberikan model implementasi bagi desa lain di Indonesia, mengintegrasikan 3 tematik penting dalam pelaksanaan tata Kelola pemerinatahan di desa. Pertama musdes mendudukan BPD pada porsinya dimana BPD juga memberikan laporan kinerja sehingga beribang, semua penyelenggara pemerintahan memiliki akuntabilitas, tidak hanya mengevaluasi kinerja pihak lain namun bisa sama-sama melihat secara proporsional kinerja masing-masing pihak. Penataan raung rapat juga sangat bagus, dimana pengelompokan para pihak diposisikan secara proporsional (BPD di depan memimpin rapat, di depannya ada  kelompk pemerinah desa dan kelompok pengeurus Lembaga Kemasayrakatan Desa yang saling berhadapan juga di hadiri pak camat dari sejak acara dilumai hingga selesai “ Ujar Oktofianus Rahanra yang turut menyaksikan jalannya acara secara Live Streaming di Paltfom Bale Desa. Apk dan Youtube SWARGA TV Cibiru Wetan.

“Pembelajaran terkait konsistensi pencapaian visi dan misi dari dokumen perencanaan yang sdh dibuat, juga luar biasa. hal penting dalam akuntabilitas terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa. Forum ini juga menjadi contoh pembelajaran, bagaimana pemerintah desa hadir dan berbicara secara transparan dihadapan para pihak, dengan sangat luar biasa. pembelajaran demokrasi dan kolaborasi para pihak yang perlu di contoh desa lain di indoensia. Terimkasih saya sudah dibagi link utk dapat gabung dan menyaksikan MUSDES IPPD Desa Cibiru Wetan hari ini.” Dengan tegas di ungkapkan Oktofianus Rahanra Widia Iswara Kemendagri. (Red MF)


Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar