Bupati Bandung Laksanakan Penanaman Pohon di lahan Kritis Kawasan Tangser Cibiru Wetan



Bandung, Jurnal1.id- Cuaca ekstrim disertai intensitas hujan yang cukup tinggi sangat berpotensi menyebabkan terjadinya sejumlah bencana alam seperti, Banjir, Tanah longsor fakta nya banyak faktor yang menjadi penyebab peristiwa alam tersebut.

Terkait hal tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, melaksanakan penanaman pohon di lahan kritis Kp Cikoneng, Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, tepatnya di destinasi wisata tangga seribu yang di kelola oleh Bumdes Cibiru Wetan.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bandung Dadang Naser, Pejabat di Lingkungan SKPD antara lain Kadis Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Budaya, Dinas PMD Kabupaten Bandung,  Camat Cileunyi Solihin, S.os Kapolsek Cileunyi Kompol Sururi, Kades Cibiru Wetan Hadian Supariatna, Pejabat Perhutani dan tamu undangan lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dadang Naser menegaskan, bahwa kegiatan ini berkaitan dengan kepedulian kita terhadap lahan kritis yang ada di kawasan Bandung Utara ini, seperti kita saksikan barusan  kita  melakukan penanaman beberapa pohon secara simbolis ada tanaman keras seperti jengkol, Petai,Jeruk dan semua ini sangat bermanfaat untuk konservasi kawasan, selama ini mereka yang di hilir selalu mengatakan bencana banjir kiriman dari hulu, kini saatnya kita saling menjaga dan memperhatikan kondisi lingkungan kita, kota Bandung ini mendapat kiriman udara yang sejuk dari hulu," paparnya.


Dadang juga menjelaskan ketika disinggung mengenai berapa luas lahan kritis yang ada saat ini di Kabupaten Bandung, secara eksplisit dirinya mengatakan sejak menjadi Bupati sudah banyak lahan kritis

yang di hijaukan, dan kita terus berupaya melakukan penghijauan demi kelestarian lingkungan," terangnya.

Ditempat yang sama Kades Cibiru Wetan, Hadian Supriatna menuturkan kegiatan ini tidak cukup secara simbolis saja akan tetapi harus di dorong melalui gerakan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan," ucapnya. 

Tangga Seribu atau sering di sebut Tangser merupakan destinasi wisata seluas 2 ha yang di kelola oleh Bumdes Cibiru Wetan, objek wisata tersebut berdiri di atas lahan Perhutani KPH Bandung Utara. ( Edi)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar