Pasca Longsor Kapolsek Dan Kades Serta Warga Bersihkan Jalan



Lembang,Jurnal1.id-Kamis (7 Maret 2024) pukul 15.00 WIB, bertempat di Kp. Cibodas RT 02 RW 14  Desa Suntenjaya Kec.Lembang Kab Bandung Barat (KBB) telah terjadi bencana alam pergeseran tanah yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan warga masyarakat Desa Suntenjaya Kec. Lembang KBB.

Hal ini terjadi menurut Kapolsek Lembang Kompol Hadi Mulyana, SH, MH.,akibat gemburnya tanah pasca hujan sehingga terjadi pergeseran akibat resapan air sehingga tanah tidak kuat menahan kuota air dan kemudian terjadi Longsoran tanah.


Adapun Saksi - saksi  diantaranya Saudara Nyanjang (56 Tahun), 

Pekerjaan : Petani, Alamat :  Kp. Cibodas Rt 02 Rw 14  Desa Suntenjaya Kec. Lembang KBB dan Vicky Permana Putra

(35 Thn), Pekerjaan : Petani

Alamat : Kp. Cibodas Rt 01 Rw 14  Desa Suntenjaya Kecamatan KBB.


"Kronologis kejadian yaitu pada Kamis (7 Maret 2024) sekitar pukul 15.00 Wib di wilayah Desa Suntenjaya telah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Kemudian pada pukul 15.00 Wib tepatnya di Kp. Cibodas Rt 02 Rw 14  Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kab Bandung Barat telah terjadi pergeseran tanah / longsor.

Hal ini terjadi akibat gemburnya tanah pasca hujan deras sehingga terjadi longsor akibat resapan air tanah tidak kuat menahan kuota air sehingga terjadi pergeseran tanah yang mengakibatkan longsoran tanah dengan tinggi 20 Meter dan lebar 25 Meter", jelas Hadi.

Selanjutnya Kapolsek Lembang menerangkan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya mengganggu akses jalan warga masyarakat Desa Suntenjaya. Selanjutnya dilakukan Pembersihan tanah yang diakibatkan  longsor dibantu oleh tim Pemadam kebakaran, Personil Polsek Lembang dan Warga sekitar", ungkapnya.

Pada kegiatan ini Kapolsek Lembang didampingi beberapa anggota Polsek Lembang diantaranya Piket Fungsi dan Bhabinkamtibmas Ds. Suntenjaya. Hadir pula Babinsa Ds.Sukajaya, Kepala Desa Sunten Jaya Asep Wahyono dan perangkat Desa. 

"Kegiatan ini dibantu juga oleh warga masyarakat Desa Suntenjaya secara gotong royong serta para Relawan BPBD dan DAMKAR Lembang. "Selama kegiatan berjalan dengan aman dan tertib selesai Pukul 18.00 Wib", pungkas Kapolsek Lembang.


(Yatiman/ Ed)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar